Monday, January 31, 2011

Kopling

 Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal selama perkaitan roda gigi.kopling juga dapat memindahkan tenaga secara perlahan-lahan dari mesin ke roda-roda penggerak (Drive Wheel) agar gerak mula kendaraan dapat berlangsung dengan lembut dan perpindahan roda-roda gigi transmisi dapat lembut sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan.
Kopling terletak diantara mesin dan transmisi,seperti yang di perlihatkan pada gambar di bawah ini:


Rangkaian kopling



1. Pelat kopling (Clutch Disc)
2. tutup kopling (Clutch Cover)
3. Mekanisme penggerak

Syarat kopling

a. harus dapat menghubungkan transmisi dengan mesin secara lembut
b. pada saat menghubungkan ke transmisi harus dapat memindahkan tenaga tanpa terjadi slip
c. dapat membebaskan hubungan dari transmisi dengan sempurna dan cepat


Dilihat dari jenis pegas penekan yang digunakan, kopling dibagi menjadi dua tipe, yaitu 

1. tipe kopling dengan pegas koil


2. kopling dengan pegas diafragma atau bahasa kerennya Matahari 



Dilihat dari mekanisme penggeraknya, ada dua tipe kopling yaitu
1. kopling mekanis 



kopling mekanis (mechanical clutch) terdiri dari beberapa bagian seperti gambar di bawah ini,perpindahan pedal kopling diteruskan ke body kopling secara langsung oleh kabel.  

2. kopling hidrolis (penggeraknya menggunakan minyak/fluida)



pada tipe kopling ini ,pergerakan pedal kopling di rubah oleh master silinder menjadi tekanan hidraulis kemudian di teruskan ke garpu pembebas kopling (clutch release fork) melalui silinder pembebas (Release cylinder).
Pada kopling ini pengemudi tidak terganggu oleh bunyi getaran mesin dan kopling mudah digerakkan.

Sunday, January 30, 2011

Mengenal Mekanisme katup

katup pada mesin 4 langkah berfungsi mengatur pembukaan dan penutupan katup·katup.
Mekamisme katup ini dirancang sedemikian rupa, sehingga porus nok(camshaft) berputar satu kali untuk menggerakkan katup hisap dan katup buang setiap dua kali putaran poros engkol.


Bagian-bagian mekanisme katup

1. katup (valve), berfungsi membuka dan menutup saluran isap dan buang. Diameter katup isap dibuat lebih besar daripada diameter katup buang.
2. Dudukan katup, sebagai tempat duduknya kepala katup.
3. Pegas katup, berfungsi mengembalikan katup pada dudukan semula setelah katup bekerja (membuka).
4. Taper (valve lifter), berfungsi memindahka gcrakan bubungan (nok) ke tuas katup {rocker arm) melalui batang penekan (push rod)
5. Batang penekan (push rod), berfungsi meneruskan gerakan tapet ke ujung tuas katup. Batang penekan hanya terdapat mekanisme katup yang poros noknya di blok silinder dan
katup-katupnya terdapat pada kepala silinder
6. Tuas katup (rocker arm), berfungsi menekan batang katup, sehingga katup dapat membuka. Celah (kerenggangan) antara rocker arm dan push rod disebut celah katup.

Beberapa model mekanisme katup
Ada beberapa model dalam pemindahan putaran dari poros engkol ke poros nok,
antara lain:

1) Model timing gear
Model ini digunakan pada mekanisme katup mesin OHC (Over Head Valve}, di mana poros noknya berada di dalam blok silinder. Model ini sudah jarang dipakai, karena timing geanya menimbulkan bunyi yang berisik dibanding model Iain
.
2) Model timing chain .
  Model ini diterapkan pada mesin OHC (Over Head Camshaft) dan DOHC (Dual Over Head Camshaf), di mana. poros noknya berada di atas kepala silinder. Poros nok digerakkan oleh poros engkol melalui rantai (timing chain).


3) Model timing belt



Model ini poros nok digerakkan oleh poros engkol melalui sabuk bergerigi(belt). Penggunaan sabuk bergigi ini tidak menimbulkan bunyi berisik, tidak memerlukan pelumasan, tidak memerlukan penyetelan tegangan,
dan lebih ringan.Oleh karena kelebihan itu,model timing belt ini lebih banyak diterapkan pada mesin bensin.

http://7ask.blogspot.com/2009/09/mekamisme-katup.html


Sistem Bahan Bakar

Sebelum dilakukan pembakaran, udara dan bensin harus dicmpur lebih dahulu sehingga menjadi berbentuk kabut (gas).

Untuk mendapatkan campuran tersebut dibutuhkan suatu sistem, yaitu sistem bahan bakar. Komponen-komponen dari sistem bahan bakar sebagai berikut :


tangki bensin 



Tangki bensin berfungsi untuk menyimpan persediaan bensin sebelum disalurkan ke dalam sistem bahan bakar.

saringan bensin


saringan bensin berfungsi menyaring bensin sebelum diisap oleh pompa dan disalurkannya ke karburator

pompa bensin



pompa bensin berfungsi menghisap bensin dari tangki dan menyalurkannya ke karburator.

Pompa bensin yang digunakan pada mobil ada dua macam, yakni : 

pompa bensin elektrik



Pada pompa bensin mekanik, membran berfungsi menghisap dan menekan bensin. Mémbran digerakkan oleh tuas penggerak,
sedangkan tuas penggerak sendiri digerakkan oleh bubungan (nok) pada poros nok (camshaft).

Sedangkan gas sisa pembakaran dikeluarkan ke pipa pembuangan
melalui manifold keluar (exhaust manifold).


Pipa gas buang berfungsi menyalurkan gas bekas pembakaran dari manifold keluar, sedangkan knalpot berfungsi meredam suara agar pipa gas buang tidak mengeluarkan suara yang kasar.



Karburator

Dalam karburator udara dan bensin dicampur, sehingga menghasilkan campuran yang sesuai dengan kondisi kerja mesin. konstruksi dasar sebuah karburator model arus turun. Karburator model arus turun ini paling banyak dipakai pada kendaraan mobil.
Bentuk dasar karburator terdiri atas ruang pencampur dan ruang pelampung. Pada ruang pencampur terdapat venturi, nosel, dan katup, sedangkan pada ruang pelampung terdapat katup, jarum dan pelampung. Prinsip kerja dari karburator ini adalah sebagai berikut :

Ketika piston sedang langkah isap dan katup gas dibuka, udara masuk dari saluran atas ke dalam silinder melalui venturi. Di daerah venturi, udara rnenjadi bertekanan Iebih rendah dibanding di ruang pelampung akibat perbedaan tekanan ini maka bensin dari ruang
pelampung akan mangalir ke venturi melalui nosel kemudian bensin dan udara bercampur hingga berbentuk kabut. Di dalam karburator, terdapat beberapa sistem, yaitu sistem
pelampung sislem stasioner dan kecepahm rendah, sistem kecepatan tinggi primer; sistem kecepatan tinggi sekunder; sistem daya besar, sistem percepatan, sistem cuk, katup termostat, dan katup solenoid
sistem pelampung berfungsi menampung bensin yang akan disalurkan ke sistem pengisian bahan bakar.


a) Saringan, untuk menyaring bensin yang akan ke ruang pelampung.
b) Katup jarum dan (3) pelampung untuk mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung.
c) Pipa ventilasi, untuk menghubungkan ruang pelampung dengan
saluran atas (udara luar) agar tekanannya sama,

Sistem stasioner dan putaran rendah
Sistem ini berfungsi untuk memberikan campuran udara dan bensin pada seat mesin berputar lambat atau katup gas masih tertutup.

Sistem kecepatan tinggi primer
Sistem ini disebut juga sistem utama yang berfungsi memberikan campuran bénsin dan udara pada saat putaran mesin sedang dan tinggi.

Sistem kecepatan tinggi sekunder
Sistem ini berfungsi memberikan campuran bensin dan udara pada saat mesin berputar dengan kecepatan tinggi.
sistem daya besar
Sistem ini berfungsi memberikan campuran bensin dan udara saat mesin membutuhkan output daya yang besar.

Sistem percepatan
Sistem percepatan berfungsi menambah campuran bensin dan udara pada saat kendaraan dipercepat atau pedal gas diinjak secara tiba-tiba.

Sistem cuk
Sistem cuk digunakan pada saat star awal mesin, ketika suhu di ,
sekeliling mesin masih dingin.Dalam sistem cuk ini terdapat mekanik fast idle yang berfungsi untuk membuka sedikit katup cuk agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk.

katup thermostat
katup termostat berfungsi menambah udara ke dalam karburator pada saat di sekeliling mesin panas, misalnya saat kendaraan berjalan cuaca panas atau jalanan macet.

Katup solenoid
Katup solenoid berfungsi membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara pada jet ekonomiser agar tidak terjadi dieseling pada waktu kunci kontak dimatikan.




Saturday, January 22, 2011

Prinsip kerja motor 4 Tak

4 Tak (4 Stroke)  berarti empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :

TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).

TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).

Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume langkah piston dibandingkan dengan volume ruang bakar saat piston pada posisi TMA


Langkah Hisap

Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas campuran bahan bakar dan udara (mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar.

Langkah Kompresi

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi, pada mesin bensin berupa percikan bunga api busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan bahan bakar.

Langkah Usaha

Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses langkah yang menghasilkan tenaga.

Langkah Buang

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mengakibatkan gas hasil pembakaran terdorong keluar menuju saluran pembuangan.

Mesin Diesel (Diesel Engine)

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).



Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel,tetapi mesin tersebut baru di operasikan dengan baik tahun 1897


prinsip kerja mesin diesel

yang di hisap hanya udara,silinder akan terisi penuh.dan di kompresi,Bahan Bakar dan udara di campur di dalam silinder.

Cara Penyalaan

Setelah udara di kompresi Bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakarsehimgga terjadi pembakaran

Persyaratan

1. Tekanan Udara ( kompresi ) =1,5-4 Mpa ( 15 – 40 bar ),sehingga temperature udara naik menjadi 700 – 900 derajat celcius
2. bahan bakar harus mengkabut dengan halus. Untuk mengkabutkan bahan bakar dengan halus digunakan pompa injeksi
3. bahan bakar harus mempunyai sifat : mudah menyala,pembersih dan pelumas

Mesin bensin (Gasoline Engine)



Mesin bensin atau mesin Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan bunga api busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis.

Mesin bensin berbeda dengan mesin diesel dalam metode pencampuran bahan bakar dan udara,mesin bensin selalu menggunakan penyalaan busi untuk proses pembakaran.
Sedangkan Pada mesin diesel, hanya udara yang dikompresikan dalam ruang bakar dan dengan sendirinya udara tersebut terpanaskan, bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar di akhir langkah kompresi untuk bercampur dengan udara yang sangat panas, pada saat kombinasi antara udara, bahan bakar, dan temperatur dalam kondisi tepat maka campuran udara dan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya.

Pada mesin bensin, pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, Pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi, keduanya mengalami perkembangan dari sistem manual sampai dengan penambahan sensor-sensor elektronik.atau disebut EFI (Electronic Fuel Injection)


Penggunaan Motor Bensin
Mesin bensin sering digunakan dalam :
1. Sepeda motor.
2. Mobil.

Tipe Motor Bensin

Tipe-tipe mesin bensin berdasarkan siklus proses pembakaran adalah :
1. Mesin dua tak, memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
2. Mesin empat tak, memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.


Syarat-syarat mesin bensin dapat berkerja :

1.Kompresi ruang bakar yang cukup.
2.Komposisi campuran udara dan bahan bakar yang sesuai.
3. Waktu Pengapian yang tepat (besar percikan busi dan waktu penyalaan/timing ignition).

Sistem-sistem dalam mesin bensin mencakup :

a. Sistem bahan bakar (fuel system).
b. Sistem pengapian (ignition system).
c. Sistem katup (valve mechanism)
d. Sistem pelumasan (lubricating system)
e. Sistem pendinginan (cooling system).
f. Sistem penyalaan (starting system).
g. Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system).
h. Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system).

Friday, January 21, 2011

The Story about Peugeot HR1 Concept

In October, a list of concepts developed by Russian designers for the world’s largest companies, added to a crossover Peugeot HR1.

So, the project started in September 2009. The designers were tasked to do offroad for a city with a hybrid, compact, but with four full seats. The exterior needed to express the DNA of the brand and develop a style inherent in the concept SR1. As you may recall, at this roadster was first introduced new proprietary grid, its author – Nicolas Brisson (Nicolas Brissonneau).




In vnutristudiynom competition conceptual designs involving several designers, but was chosen option, Artema as best meets the specified requirements. Looking ahead, we can say that compared with the selected final design sketches Peugeot HR1 almost unchanged.

Typical, very recognizable sidewall used Artem – the result of collective work of designers Peugeot. The motif first appeared in the SR1 and was continued on the HR1 and EX1. And this is one element of corporate identity marks.

One source of inspiration (but not primary) for Artem served as a concept bike Peugeot B1K. Designer inspired finesse the bike and attention to detail displayed by the author. Thus, the concept appeared on the roof and aluminum elements with integrated rearview camera. Well as techniques used in the design B1K, can be seen on the grid and the front optics of the crossover. Color schemes, as well as the materials chosen Color & Trim Division in coordination with the designers.

In a recent story about the design center of Peugeot you’ve ever seen models made of foam, but for modeling HR1 was chosen clay. It allows one to clearly convey the surface, it can be painted or obtyanut film to see the reflection on the surface.

The author of the interior design concept was Frederick ANTEC (Frederic Antecki). Artem and Frederik worked side by side, interacting in the work on the interior and exterior. They often talked of the project, since both depended on each other. Interior fit under the exterior required a lot of time, effort and teamwork.

To the question whether there are any problems, difficulties at work, Artem says that a lot had to learn, and adds:

“Nichego not born easily in this world. Of course there are moments of when you have to think more, put more attention and effort, besides it was my first show car. Complexity certainly were, but everything is fine. It turned out to cope with the tasks. Bright moments, too many, the process goes from the drawing up and booth at the auto show, when you see the car and his head goes through all of what you have lived during the work. It’s awesome! This adrenaline. ”

Often designers are not very happy with the results of its work, complain to the circumstances as possible, but Artem believes that this time the team of designers Peugeot all happened: “I do not want to change anything, it was conceived so what is, not all the time to improve. And for what? I want to do something else, not less interesting. ”

sumber : AutoMild.com

Hyundai Veloster 2011

Hyundai begins mass production of unusual Veloster coupe body with an asymmetrical: the left one door on the right – two. Recall, Veloster as a concept was introduced in 2007, but then could not boast such original decision.

True, the concept has been spectacular: a clear, concise lines, the best volume ratio, and most importantly – to 20-inch wheels, a ledge to place the machine serial 17 – and 18-inch.

Let us return to the door. It turns out that the driver Veloster can be sure that rides on a sport coupe, and its passengers to think that riding on five-door hatchback. Especially because the rear seat is spacious enough.

Inside Veloster – quite a typical representative of modern Hyundai, but a little more sporty and richly decorated with metal pieces. Designers say it inspired, as now fashionable motorcycles. In possession of the driver and passengers – internet radio Pandora, multimedia with voice control system and Blue Link, which combines advanced navigation system and remote control some functions of the car.


sumber :AutoMild.com

Tuesday, January 18, 2011

LUXGEN7 SUV Sports+ and MPV Elegance+




The Taiwanese automaker Luxgen has unveiled the new Luxgen7 SUV Sports+ and MPV Elegance+ at the 2011 Automobile Exhibition from Taipei today.
The SUV Sports+ acknowledged a new two tone paint design with black and red paintwork for the exterior, blackened headlights and taillights, 20 inch alloy wheels and also a new exhaust system with four tailpipes. The interior is now sportier and it continues the black and red color theme with black and red suede seats, a suede steering wheel, aluminum paddles and a carbon fiber console trim.



The MPV Elegance+ only received a new set of 20 alloy wheels outside but the interior upgrades were pretty significant. Luxgen has developed the exterior with high end luxury goodies such as standard diamond quilted two-tone suede seats, a brown leather steering wheel and a classic walnut wood trim.

Saturday, January 15, 2011

Lampu kabut / Fog Lamp

Lampu kabut / Fog Lamp

Lampu kabut digunakan pada saat cuaca berkabut, jalanan berdebu atau hujan !ebat .Penggunaan lampu harus mengikuti aturan yang
berlaku yakni : Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa warna putih atau warna kuning






Bila lampu kabut akan diaktifkan maka saklar larnpu kepala harus pada posisi lampu jarak dekat. Saat saklar lampu kabut diaktifkan, arus listrik dari saklar lampu kepala akan mengalir ke relay melalui saklar lampu kabut. Dengan aktifnya relay maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kabut melalui sekering dan relay.

Pemindah daya

Pemindah daya
Adalah sejumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menggerakkan roda-roda kendaraan.pemindah daya yang di gunakan ada 4 jenis:


FR (Front-Engine rear drive) mesin depan penggerak belakang



FF (Front-Engine front drive) mesin depan penggerak depan




MR (Midship-engine rear drive) mesin tengah penggerak belakang



4WD (Four wheel drive) mesin dengan penggerak 4 roda


Tuesday, January 11, 2011

Auto Insurance Online: Browse Insurance Quotes with a Mouse Click

Today auto insurance online is immensely helping clients by saving their time from getting wasted in meeting different insurance brokers here and there. Just with a single mouse click a person can visit websites of various vehicle insurance providers. Some basic factors are necessary to be considered while choosing sign up an online insurance offer for protecting a vehicle. While filling a form for an online vehicle insurance quote you will have to give some particular details about yourself. These details include your driver’s license number, VIN number, license plate number, previous coverage amounts and previous accident history. These details are compulsory to be supplied to online insurance providers. After supplying these quotes clients can expect reliable and pocket friendly quotes. After obtaining quotes of auto insurance online clients can quickly get their policies processed. Insurance seekers should be clear about the amount of coverage currently needed by them.

The rate of premium on a chosen auto insurance online plan will depend upon the insurance coverage required by the client. Now to find and choose the most suitable insurance quotes clients will be required to sit in front of a computer and visit various websites of online insurance providers. They will have to log in to these websites and fill many inquiry forms to get suitable quotes. Of course this task is tedious and a lengthy one, but a person must do it for getting a genuine offer of an online vehicle insurance plan. While filling online quote forms all information concerning home address, email address, phone number, occupation and monthly income is to be provided by clients correctly. One thing about auto insurance online plans is that clients cannot ask all questions in one to one from all companies. In this aspect local insurance brokers prove better than online insurance providers.

While signing up an auto insurance online plan details of safety and security is very important. So clients should fill the section concerned with this info at a vehicle insurance website. They should also give correct info about their current housing status. Some online insurance providers investigate about previous legal conduct of a prospective policy buyer. They may ask about previous criminal history, legal case or conviction and traffic violations with penalties if any. After filling these details at a website of auto insurance online services clients should click on the submit button below the auto insurance online form. Buying online vehicle insurance has many benefits. All quotes are sent the same day by mail. Client’s don’t have to meet all insurance providers personally. All terms and policy format is in front of the insurance buyer and he can choose to sign or not. These online plans can be compared easily with each other.

Contributed by Ampm Community Member.

Article/Guest Post by Kenneth Parkar

Sunday, January 9, 2011

The 2012 Tesla S


Tesla has by now made three “alpha build” Model S cars and all of them were assembled at the company’s head office in Palo Alto, sunny California. The bodies of the car were made by a dealer located at Michigan. The company will test these cars to learn the good and bad parts of the subsystems and components. Hopefully, in the near future Tesla Motors will enter the “beta builds” stage by production the cars at its factory located in Fremont, California. The cars that will roll out of the factory will be most likely used for federal crash-testing and documentation as well as for various additional tests and system inclusion.



The Tesla S will feature an aluminum body and the company targets a curb weight of about 4,000 pounds, alike to the Audi A8, another all-aluminum model that is considered to be a benchmark for Tesla’s car. Another promise made by the company regards the fact that the S will have the “best in class” aerodynamics from a body designed internally with the aid of Franz Von Holzhausen, the guy responsible for the beautiful Pontiac Solstice and for the bold Mazda Furai concept car. In addition, the aerodynamics of the car will be further tested by Robert Palin (ex Williams F1 driver) and Shaun Johnson (ex Ferrari driver).

The officials at the company promised some time ago that the S will be able to offer a range of up to 300 miles. In addition, they said that the car will feature all the extravagance of a BMW 7-series and space for seven passengers. Speaking of the interior cabin, I in fact doubt that seven people will fit in the car, perhaps five adults and two midgets. Moving on, the company acknowledged $465 million from the United States Department of Energy for building the S model.

Monday, January 3, 2011

Bugatti’s Future sedan on Audi A8 Platform




The famous record-breaking Veyron supercar is about to crunch into the hand that feeds them by ending its production. But Bugatti plans on spending their moment building superfluous sedans. This New Bugatti luxury sedan (picture above) is anticipated to debut sometime in 2014, but not much information is acknowledged about the model. Thanks to the German publication, Spiegel, who have some just more informations/details to share.

Audi and Porsche are in charge for all the luxury models in the Volkswagen Group, the future Bugatti sedan will end up being built on the same platform as the Audi A8. Being a Bugatti copy, it will be restricted to only 300 units and will carry a price tag like to the Veyron, meaning that only few people will have the chance to actually drive one. The sedan model will feature design elements from the Bugatti’s latest concept, the 16 C Galibier. The 16 C concept features the traditional Bugatti radiator complimented by big round LED lit headlamps and the clamshell running the length of the vehicle, which became synonymous with the brand identity under Jean Bugatti in the Type 57.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...